Saya ingin bercerita tentang pengalaman menambah daya
listrik di rumah melalui layanan resmi PLN. Daya 900 watt yang terpasang di
rumah ternyata sudah tidak mencukupi kebutuhan pemakaian alat-alat rumah
tangga. Atau MCBnya yang sudah soak, yang pasti sedikit-sedikit listrik mati
karena tidak mampu melayani kebutuhan pemakaian di rumah. Akhirnya kami
memutuskan untuk menambah daya instalasi listrik di rumah. Kebetulan tetangga
depan rumah kami membuka jasa teknik yang dulu pernah menawarkan untuk menambah
daya dengan biaya sekitar 300 ribu rupiah. Menggiurkan, pikir saya saat itu.
Ketika kemudian benar-benar berniat untuk menambah daya listrik, saya mencoba
untuk mencari-cari informasi, dengan satu-satunya andalan saya ketika
disibukkan oleh pekerjaan, yaitu internet. Dari sana saya mendapatkan informasi
bahwa untuk mengajukan permohonan tambah daya, bahkan pasang baru tidak harus datang
langsung ke PLN. Bisa dengan menelp ke 123 atau (021)123 lewat HP atau lewat http://pln.co.id.
Saya penasaran mencari tahu review tentang pengalaman pasang
listrik atau tambah daya melalui online ini. Hanya sedikit yang mereview, dan
salah satu dari yang menuliskan pengalaman tersebut menyebutkan bahwa waktu
yang dibutuhkan adalah sekitar sepekan. Kalau saya minta tolong ke tetangga
itu, mungkin besoknya bisa langsung dipasang. Tapi kalau saya lewat PLN, bisa
jadi lebih dari sepekan baru dipasang, sementara kebutuhan menambah daya sudah
agak mendesak. Dengan berbagai pertimbangan, akhirnya saya memilih menggunakan
layanan resmi PLN. Memakai jasa pihak di luar PLN mungkin terkesan lebih simpel
dan bisa jadi lebih cepat, tapi berarti melanggengkan praktik percaloan,
sementara ada layanan resmi yang bisa diakses hanya dengan jari.
Akhirnya lewat http://www.pln.co.id/pbpd/PD.php
saya mengisi aplikasi, kemudian dapat email, dan membayar lewat ATM. Biaya yang
diperlukan untuk menambah daya dari 900 ke 1.300 watt sekitar Rp.323.000,00.
Hari Jumat saya transfer, sampai hari Senin belum ada kabar dari PLN, baik itu
kapan kira-kira akan dipasang maupun status permohonan saya. Saya melacak lewat
situs PLN, saat itu juga tidak bisa diakses, entah kenapa penyebabnya. Kemudian
saya menelpon ke call center 123 menanyakan status permohonan dan kapan
kira-kira akan dipasang. Jawaban dari mbak-mbak call center, ternyata SOP di
PLN untuk tambah daya adalah 10 hari kerja, Sabtu-Minggu tidak dihitung. “Yaah…
masih lama dong”, agak dongkol karena tadinya mengharapkan waktu yang tidak
terlalu lama. Tapi karena sudah terlanjur membayar ya mau gimana lagi.
Besoknya, hari Selasa, sekitar jam 15.00 saya mendapat
telpon dari petugas PLN yang mengabarkan kalau sudah di dekat rumah dan siap
untuk memasang. Lah, katanya masih lama, dan gak ada pemberitahuan apa-apa
sebelumnya. Untuk ada khadimat (Asisten RT -red) dan tukang di rumah, jadi tidak masalah walaupun
kami di kantor dan tidak bisa serta merta ke rumah. Dan bereslah, akhirnya
rumah kami terpasang 1.300 watt (harusnya nambah ke 2.200 watt sih, tapi
biayanya sekitar 900 ribuan, lagi agak cekak, hehe). Meteran listrik diganti
baru dengan model prabayar, dan petugas PLN tersebut tak meminta imbalan
apa-apa lagi. Bravo PLN!
Langkah menambah daya PLN lewat internet :
1. Buka http://www.pln.co.id/pbpd/PD.php2. Isi data pelanggan (cukup masukkan nomor ID pelanggan dan nanti akan keluar sendiri datanya)3. Isi data pemohon (kalau data pemohon dan pelanggan sama, tinggal klik “Copy berdasarkan data pelanggan”, maka akan otomatis terisi)4. Isi form dengan lengkap5. Konfirmasi akan dikirimkan melalui email, kemudian kita diharuskan melakukan konfirmasi dengan mengklik alamat yang disediakan untuk dapat nomor registrasi untuk pembayaran6. Bayar di ATM dengan menu Pembayaran PLN dan memasukkan nomor registrasi tersebut7. Tinggal tunggu petugas PLN datang deh.
Masukan saya untuk PLN :
1. Hendaknya lebih interaktif terhadap pelanggan. Misal, ketika pelanggan sudah melakukan pembayaran, yang berarti dia serius untuk mengajukan permohonan, bisa dihubungi melalui telp untuk mengabarkan kapan kira-kira petugas akan datang2. SOP permohonan tambah daya yang sampai 10 hari kerja (walaupun realisasinya di tempat saya jauh lebih cepat dari itu) saya rasa agak terlalu lama. Mungkin bisa dibedakan SOP antara daerah-daerah yang sulit dijangkau dan yang mudah dijangkau serta diinformasikan kepada pelanggan, agar pelanggan dapat memperkirakan kapan akan dipasang.
Anyway, saya mendukung perbaikan PLN dan perbaikan yang
dilakukan oleh perusahaan maupun instansi-instansi pemerintah yang lain. Bravo
Indonesia!
saya baru mau coba ni...mumpung ada promo gratis penambahan daya...sudah dapat no regist, tinggal nanti malam bayar ke ATM hehe...moga2 mulus seperti abi, tidak ada pungutan2 liar...klo memang begitu PLN joss, apik tenan...
BalasHapusbayarnya harus lewat ATM ya?
BalasHapusane cb lewat klikbca tidak bisa..
sy sudah mengajukan permohonan dari 1300 ke 2200 lewat 123, costumer service nya ngomongnya menyebalkan/kaya pake bahasa robot terus sy dikasih nomer registrasi,,, tapi pas mau bayar katanya nomernya kurang satu,,, terus sy tlpn ke 123 lagi ngomongnya sama kaya dilama2in, nggak tau maksudnya apa. besok mau coba bayar lg mudah2an nomernya bener...............
BalasHapus6. Bayar di ATM dengan menu Pembayaran PLN dan memasukkan
BalasHapus*maksudnya gmana pak?
sekarang tambah daya gratis hanya sampai tgl 31 agustus 2013. lebih baik daftar lewat webnya pln saja.
BalasHapusMantap lah kalau begitu. Semoga PLN bisa menjadi contoh bagi perusahaan2 BUMN lainnya. Kebetulan saya juga sedang mengajukan permohonan penambahan daya secara online. Mudah2an pelayanan PLN di daerah tempat tinggal saya juga cepat.
BalasHapusTerimakasih banyak atas informasi yang telah disampaikannya
BalasHapusPLN payah ah..
BalasHapusSemua penambahan daya dibawah 6600VA HARUS jadi prabayar..
Untuk saya prabayar itu repot! pascabayar saya tinggal mobile banking dari mana saja posisi saya bisa, gak harus ada orang di rumah untuk masukin kode pulsanya..
Kalau mau naikan ke 2200VA saya HARUS pakai prabayar... sedangkan kalau ke 6600VA otomatis harga kwh nya lebih mahal.. padahal gak perlu diatas 2200VA.. :(
mudah2an skrg pada nggak nyesel ya naikin daya :p tarif listrik naek mulu kaya kali ciliwung
BalasHapusbiaya nyaa berapa gan?
BalasHapusWah terimakasih emang ternyata mudah banget ya bos tambah daya PLN
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusMau tambah daya kok gak aa kolom yg bisa diisi?
BalasHapusSaya coba ajukan permohonan online gagal terus..
BalasHapusWaktu memasukkan ID Pelanggan atau No Meteran, selalu saja ada peringatan data tidak ada..
saya juga pernah gitu gan , ternyata data pemohon belum di isi , mungkin kasus nya sama kaya saya , dah data pemohon di isi bisa kok , :)
HapusBank apa saja yg bisa bayar registrasi kawan.....?
BalasHapusBank apa saja yg bisa bayar registrasi kawan.....?
BalasHapusPLN makin oke.. Jaya terus PLN
BalasHapusMo tanya agan2, setelah daftar lewat online, email balasan dari pln brapa lama agan? Sudah 2 hari dari pengajuan saya kog blm ada email balasan dari pln.
BalasHapusASYEEEEEMMMMMMMMMM
BalasHapus