17/07/11

Tips Pemberian Nama pada Anak

Saat-saat paling genting dan menegangkan saat anak kita telah lahir adalah saat kita harus memberi nama. Lazimnya, nama anak kita akan diberikan oleh ayahnya. Dan tak jarang, tugas untuk memberi nama itu menjadi tugas berat yang menyita pikiran. Kita ingin memberikan nama yang unik, kalau perlu tak ada duanya di dunia ini, dan memberikan kebanggaan kepada anak kita atas nama yang telah kita berikan kepadanya. Berikut ini sedikit tips bagaimana memberi nama bagi anak kita. 

Bangun visi kita terhadap anak
Masing-masing kita tentu memiliki harapan terhadap anak kita kelak. Dan menurut Islam, Al ismu ad-du’a, nama itu adalah doa. Maka ketika memberikan nama bagi anak kita, seyogyanya disesuaikan dengan harapan yang kita sematkan kepadanya. Jika kita menemukan nama yang unik, tapi tidak sesuai dengan keinginan kita, sepertinya harus ditinjau ulang ketika akan meresmikannya menjadi nama anak kita.

Pelajari hal-hal yang disunnahkan dalam pemberian nama
Bahwa pemberian nama itu tidak terikat oleh waktu, boleh hari pertama, boleh hari ke tujuh, dan seterusnya. Bahwa ada beberapa nama yang disunnahkan untuk dipakai, misalnya Abdullah, Abdurrohman, Muhammad, dan sebagainya. Bahwa ada nama-nama yang dimakruhkan (tidak disukai) untuk dipakai, misal nama-nama yang mengandung makna-makna yang menunjukkan perbuatan dosa dan maksiat seperti: Zhalim, Sarraq (si pencuri). Bahwa ada beberapa nama yang tidak disukai bahkan diharamkan, semisal nama-nama yang menunjukkan peribadahan kepada selain Allah seperti Abdul Masih (hamba Al Masih), Abdussyam (si penyembah mentari), dan sebagainya. Hal-hal tersebut seharusnya sudah diketahui seorang ayah ketika akan memberikan nama untuk anaknya. Di sinilah pentingnya belajar dan mencari tahu, terutama dalam hal agama.

Nama pemberian kita adalah hadiah terindah untuknya
Maka berikanlah yang terbaik untuk anak kita. Dekade ini nama-nama yang berkembang di Indonesia adalah nama-nama Arab yang sangat indah. Maka pikirkan juga bagaimana nanti masyarakat akan menyebutkannya. Jangan sampai karena perbedaan logat dan lidah, penyebutannya terlalu sulit sehingga berubah dari artinya, atau malah jadi olok-olokan.

Jangan ragu bertanya kepada yang tahu
Jangan sungkan bertanya kepada orang-orang yang mengerti, untuk memberi masukan bagi nama anak kita. Anak kami, Fatamadani adalah sumbangan dari mbah kakungnya, artinya kurang lebih pemuda masa kini. Anak yang ke dua, matsna adalah sumbangan dari mbah ibu-nya (ibu saya), artinya kurang lebih anak yang ke dua. Ketika henak menyatukan dengan nama pilihan kami, maka saya bertanya kepada bapak yang menguasai struktur bahasa Arab. Jadilah nama anak pertama Muhammad Fatamadani Assyaddad, dan nama anak ke dua Matsna Nailal Husna.

Bertanya kepada orang yang faham menjadi penting, agar kita tak salah memberikan nama, atau tak salah dalam menggabungkan nama

Cari banyak referensi
Sekarang sudah banyak dijual buku-buku tentang kumpulan nama dari berbagai bahasa. Di internet pun banyak yang menyediakan. Maka jangan malas untuk mencari berbagai referensi untuk menemukan nama yang pas bagi buah hati kita.

Diskusikan dengan pasangan
Jangan lupa untuk mendiskusikan pemberian nama anak kita kepada pasangan kita. Kalau nama itu mempunyai arti, maka ketika sama-sama mengetahui artinya, pasangan kita pun akan mendukung untuk mewujudkan doa dalam nama itu.

Intinya adalah, agar kita tidak sembarangan memberikan nama bagi anak kita. Mungkin ada nama yang terdengar keren dan bagus, tapi belum tentu cocok dipakai untuk anak kita. Dan alangkah baiknya kalau kita memberikan nama yang mengandung doa bagi anak kita, semoga dengan nama itu anak-anak kita menjadi seperti orang-orang yang kita cita-citakan. Dan yang pasti, semoga masing-masing kita memiliki anak yang salih-salihat.  Amin :)

keterangan gambar : diambil dari nama-bayi.org

3 komentar:

  1. menuju TKP mo liat nama Lanang memenuhi syarat apa ndak.. :)

    komentar via FB-nya dihapus ah.. :)

    BalasHapus
  2. :)

    jadi, memenuhi syarat ndak mas? hehehe

    BalasHapus
  3. jadi gimana memenuhi syarat gak bang Pay?

    BalasHapus

Ads Inside Post